Sunday, March 11, 2012

Bab 1 ( Manusia dan Kebudayaan)

1.  Manusia dan Kebudayaan


Pengertian Manusia

Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. Kita merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Dinamika manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya. Menurut NICOLAUS D. & A. SUDIARJA, Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang. Dipandang dari segi ilmu eksakta, manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika ). Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia ( biologi ).


Hakekat manusia adalah sebagai berikut :

1.     Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
2.     Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
3.     Mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
4.     Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
5.     Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.
6.     Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas.
7.     Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
8.     Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.

Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan berasal dari kata budaya atau buddhayah  atau bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. 



Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat; Antar keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:
  1. Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
    • alat-alat teknologi
    • sistem ekonomi
    • keluarga
    • kekuasaan politik
  2. Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
    • sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
    • organisasi ekonomi
    • alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
    • organisasi kekuatan (politik)

Pendapat




Menurut pendapat saya, Manusia adalah makhluk sosial, mengapa begitu ?, sebab manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia butuh berinteraksi dengan makhluk sosial lainnya. Manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan pikiran lebih daripada makhluk lainnya. Sebab manusia pada hakekatnya:
  1. makhluk yang bertanggung jawab atas tugasnya,
  2. dapat menentukan arah kemana tujuan hidup,
  3. dapat mengembangkan diri, dan
  4. mempunyai rasa sayang antar sesama makhluk hidup lainnya.
Kebudayaan adalah suatu kegiatan yang lahir dari sebuah kebiasaan dari sekelompok orang atau bangsa. Kebudayaan ini menjadikan sebuah warna dalam kehidupan manusia, mengapa begitu ?, sebab, kebudayaan ini melahirkan sebuah keaneka ragaman sebuah pemikiran yang berbeda-beda tetapi dengan mempunyai tujuan hidup yang sama. Kebudayaan berfungsi sebagai alat mempererat tali persaudaraan antar manusia, karena, didalam kebudayaan memiliki unsur pokok yang saling berhubungan satu sama lain. Unsur – unsur  pokok tersebut meliputi :
  1. Sistem Ekonomi
  2. Kekuatan Politik
  3. Keluarga
  4. Norma Sosial.
Jadi, Sebenarnya kebudayaan tak kan lahir begitu saja, sebab kebudayaan itu terlahir dari sebuah kebiasaan manusia yang dilakukan terus-menerus dan selalu dilakukan diberbagai zaman. Kemudian Kebudayaan itu sebagai alat pemersatu suatu bangsa dan negara.



Nama   :           Yudo Rahadyatmo
NPM   :           57411634
Kelas   :           1IA07







Sumber :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_manusia_menurut_para_ahli_info508.html
http://pakguruonline.pendidikan.net/buku_tua_pakguru_dasar_kpdd_12.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...