Tuesday, April 24, 2012

BAB 6 Manusia dan Pandangan Hidup


BAB 6 Manusia dan Pandangan Hidup

Setiap manusia yang hidup dalam dunia ini pasti memiliki suatu pandangan hidup tentang hidupnya, karena pandangan hidup tersebutlah yang menentukan masa depan mereka. Seperti seorang mahasiswa yang menginginkan pekerjaan setelah ia lulus nantinya, dan pekerjaan itu diharapkan mampu membekali kebutuhan untuk hidupnya.
Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia.
Itulah yang menjadi pedoman hidup manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini, karena hidup manusia yang tanpa pedoman tidak akan berarti dan tidak mempunyai alasan mengapa manusia hidup di dunia ini.
terdapat 3 macam asal mula pandangan hidup, yaitu :
Pandangan hidup yang berasal dari agama : pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada suatu Negara
Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.

Kemudian, pandangan hidup juga memilki unsur-unsur yang terdiri dari :

1.      Cita-cita
Pengertian : keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang selalu ada dalam pemikirannya dan diwujudkan di masa mendatang.
Setiap manusia pasti memiliki cita-cita di dalam hidupnya dan mereka mengharapkan bahwa cita-cita yang mereka impikan bisa dicapainya melalui usaha yang mereka lakukan.
Contoh : cita-cita ingin menjadi seorang pemimpin negara, menjadi ilmuwan
2.      Kebajikan
Pengertian : perbuatan yang sesuai dengan suara hati kita, suara hati masyarakat dan hukum Tuhan.
Contoh : tingkah laku manusia sendiri untuk berbuat kebaikan

3.      Usaha/perjuangan
Pengertian : kerja keras untuk mewujudkan cita-cita atau pun tujuan kita semula, sehingga apa yang diinginkan dapat tercapai.
Dimana ada impian, di situ pasti ada usaha yang dilakukan demi mewujudkan impian tersebut. Karena impian tanpa usaha adalah omong kosong belaka. Maka manusia di dunia berlomba-lomba untuk mendapatkan impian mereka.
4.      Keyakinan
Pengertian : suatu yang menjadi dasar pendangan hidup yang berasal dari akal maupun kekuasaan Tuhan.
Demikianlah peran pandangan hidup bagi kehidupan manusia itu sendiri. Maka masing-masing dari kita diharapkan bisa mengetahui apa yang menjadi pandangan hidup kita, sehingga kita tahu apa alasan kita hidup di dunia ini.

Artikel :

Nyepi, Umat Muslim Shalat Jumat seperti Biasa
Muhammad Hasanudin | Erlangga Djumena | Jumat, 23 Maret 2012 | 14:01 WIB 

Umat muslim yang hendak berangkat Shalat Jumat menuju Masjid An Nur, Jalan Diponegoro, Denpasar bertegur sapa dengan pecalang yang bertugas saat Nyepi. Pemandangan ini merupakan bentuk toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Bali

DENPASAR, KOMPAS.com  Ada yang berbeda dalam perayaan Nyepi tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena bertepatan dengan hari Jumat (23/3/2012), ribuan umat Muslim pun berbondong-bondong ke masjid sekitar lingkungan tempat tinggal mereka untuk menunaikan ibadah shalat Jumat.

Hal ini sesuai kesepakatan forum antarumat beragama di Bali bahwa umat Muslim diizinkan untuk tetap menunaikan ibadah shalat Jumat dengan catatan menyesuaikan situasi Nyepi. 

Dari pantauan Kompas.com di Jalan Diponegoro, Denpasar siang tadi, sekitar seribu warga dari Sesetan, Sanglah, hingga Sudirman datang dengan berjalan kaki menuju Masjid An Nur untuk melaksanakan shalat Jumat.

Tampak pecalang berjaga-jaga di pertigaan Pasar Sanglah, Denpasar, dan saling bertegur sapa dengan umat Muslim yang sedang berjalan kaki sebagai bentuk kerukunan antarumat beragama di Bali.

Suara adzan pun tak terdengar lantang seperti biasanya karena sesuai kesepakatan hanya diperbolehkan menggunakan pengeras suara ke dalam masjid. "Kita sebagai umat Islam cukup toleransi, adzan tidak perlu keluar, cukup di dalam masjid," ujar Hoesin Muhtar, Imam Masjid An Nur, saat ditemui Kompas.com seusai shalat Jumat.

Shalat Jumat yang dimulai sekitar pukul 12.30 Wita dan berakhir pukul 13.00 Wita ini berlangsung dengan lancar dan tertib. Meski sempat diguyur hujan deras, umat Muslim langsung pulang ke rumah masing-masing seusai menunaikan shalat.


pendapat :

menurut saya pandangan hidup adalah suatu pedoman dan petunjuk arah dalam kehidupan. Tanpa adanya pandangan hidup maka tidak adanya tujuan hidup. Setiap manusia pasti mempunyai sebuah pedoman yaitu agama. agama adalah yang memberi arah manusia untuk mengetahui yang mana boleh untuk dikerjakan dan yang dilarang untuk dikerjakan.


1 comment:

  1. Maaf sehubungan dengan mata kuliah softskill silahkan dimasukkan link gunadarma http://www.gunadarma.ac.id/ di blog kalian.terimakasih.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...