Tuesday, May 1, 2012

BAB 7 Manusia dan Tanggung Jawab


PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatu, sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar, Bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya. Berarti ia telah bertanggung jawab
atas bannya. Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar si mahasiswa, itulah kadar pertanggung jawabannya, Bila pada ujian ia mendapat nilai A, B atau C itulah kadar pertanggung jawabannya.
Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggung jawab karena manusia itu hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan terhadap alam lingkungannya. Manusia menciptakan keseimbangan, keselarasan, antara sesama manusia dan antara manusia dan lingkungan.
Tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksa tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawabitu dapat dilihat dari dua sisi yaitu dari sisi yang berbuat dan dari sisi yang kepentingan pihak lain. Dari sisi si pembuat ia harus menyadari akibat perbuatannya itu dengan demikian ia sendiri pula yang harus memulihkan ke dalam keadaan baik. Dari sisi pihak lain apabila si pembuat tidak mau bertanggung jawab, pihak lain yang akan memulihkan baik dengan cara individual maupun dengan cara kemasyarakat.
Apabila dikaji, tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi, sebagai akibat perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, pengorbanan pada pihak lain. Kewajiban beban itu ditujukan untuk kebaikan pihak yang berbuat sendiri atau pihak lain
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannyaitu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


 MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
Manusia itu berjuang adalah memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain. Untuk itu ia menghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. Dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan, yaitu kekuasaan Tuhan. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya, atas dasar ini, lalu dikenal beberapa jenis tanggung jawab, yaitu
1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memevahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurur sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga pribadi. Karena merupakan seorang pribasi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, berangan-angan sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan itu manusia berbuat dan bertindak. Dalam hal ini manusia tidak luput dari kesalahan, kekeliruan, baik yang sengaja maupun yang tidak.
2. Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami, ister, ayah, ibu anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya
Ilmu Budaya Dasar Halaman 3 dari 6
mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyrakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
4. Tanggung jawab kepada Bangsa / negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara
5. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkanuntuk mengisa kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab lngsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukum-hukum tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan juka dengan peringatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah-perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai penciptanya, bahkan untuk memenuhi tanggung jawab, manusia perlu pengorbanan.

Artikel
Joachim Gauck Terpilih Jadi Presiden Jerman
Kistyarini | Senin, 19 Maret 2012 | 10:35 WIB



Presiden Jerman Joachim Gauck setelah terpilih sebagai kepala negara baru negara itu dalam pemungutan suara di parlemen di Berlin, Minggu (18/3/2012).
BERLIN, KOMPAS.com - Mantan aktivis prodemokrasi Jerman Timur Joachim Gauck terpilih sebagai presiden Jerman setelah mayoritas anggota parlemen memilihnya, Minggu (18/3/2012).

Lelaki 72 tahun itu mendapat dukungan dari partai-partai besar dan mendapat 991 dari 1.232 suara yang masuk, ungkap ketua parlemen Jerman Norbert Lammert.

Gauck merupakan mantan pendeta yang menentang rezim komunis Jerman Timur dan menjadi kepala badan federal yang mengawasi data intelijen Jerman Timur pasca-reunifikasi Jerman pada 1990.

Gauck tampak terharu ketiak dia menerima hasil pemungutan suara yang menjadikannya kepala negara baru. Presiden Jerman merupakan jabatan seremonial, namun dianggap memegang peran moral yang sangat penting.

"Saya menerima tugas ini. Setelah melalui perjalanan politik yang berliku-liku pada abad 20, saya menerimanya dengan penuh rasa syukur sebagai seseorang yang akhirnya dan tidak diduga menemukan kembali rumahnya serta bisa berpartisipasi di masyarakat demokratis dalam 20 tahun terakhir," kata Gauck saat memberi sambutan di hadapan anggota parlemen.

"Pastinya saya tidak akan mampu memenuhi semua harapan," ujarnya. "Tetapi satu hal yang bisa saya janjikan: Saya akan mengiyakan dengan semua kemampuan dan hati untuk menjalankan tanggung jawab yang Anda percayakan pada saya."

Gauck tidak memiliki afiliasi politik sama sekali namun berhasil mendapat dukungan dari partai-partai utama di negara itu setelah pendahulunya, Christian Wulff, mengundurkan diri akibat skandal korupsi bulan lalu.

Ketika Gauck dinominasikan, Kanselir Jerman Angela Merkel menggambarkan Gauck sebagai "guru demokrasi yang sejati". Gauck menjadi oposisi dari kandidat dukungan Merkel, Wulff, dua tahun lalu. Partner junior dalam koalisi Merkel mendesaknya untuk menerima pencalonan Gauck dalam upaya kedua ini.

Minggu kemarin, Merkel mengatakan Jerman boleh bangga pada presiden baru mereka, yang terpilih dengan "hasil yang sangat meyakinkan."

Merkel, yang juga berasal dari Jerman Timur, menambahkan, terpilihnya Gauck menunjukkan kesuksesan reunifikasi Jerman. "Kita juga bisa sedikit bangga karenanya," kata Merkel seraya menambahkan kemajuan harus tetap dilakukan untuk memastikan wilayah bekas Jerman Timur berhasil menyusul kemakmuran yang sudah dicapai Barat.
Pendapat :
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Menurut saya semua manusia dilahirkan pasti mempunyai tanggung jawab dan tanggung jawab itu wajib dijalankan, sebab  tanggung jawab adalah sebuah amat yang wajib untuk dijalankan. tanggung jawab adalah kodrat setiap manusia.

Sumber :

Nama : Yudo Rahadyatmo
Kelas : 1IA07
NPM : 57411634


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...