Wednesday, June 20, 2012

Bab 8 Manusia dan Kegelisahan

Kegelisahan


Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa kwatir tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kwatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situai tertentu. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi kecemasan. Karena itu dalam pengertian sehari-hari kegelisahan juga diartikan kecemasan, kekwatiran ataupun ketakutan. Masalh kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi, yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena pa yang diinginkan tidak tercapai. Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (obyektif), kecemasan neorotik dan kecemasan moril.
Kecemasan obyektif adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar. Bahaya adalah sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam utnuk mencelakakannya. Pengalaman bahaya dan timbulnya kecemasan mungkin dari sifat pembawaan, dalam arti kata, bahwa seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadia takut kalau ia berada dekat dengan benda-benda tertentu dalam keadaan tertentu dari lingkungan..
Kecemasan neorotis timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah Menurut Sigmund Freud kecemasan ini dibagi tiga macam yakni; kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yang irasional (phobia) dan rasa takut lain karena gugup, gagap dan sebaganya.
Kecemasan moril disebabkan karena pribadi seseorang. Tiap pribadi memiliki bermacam=macam emosi atnra lain: isri, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang. Semua itu merupakan sebagian dari pernyataan individu secara keseluruhan berdasarkan konsep yang kurang sehat. Sikap seperti itu sering membuat orang merasa kwatir, cemas, takut gelisah dan putus asa.
Bila dikaji sebab-sebab orang gelisah adalah karena hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya. Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari dalam maupun dari luar. Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama dimulai dari diri kita sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang, sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.
Keterasingan
Keterasingan berasal dari kata terasing, dan kata itu adalah dari kata dasar asing. Kata asing berarti sendiri, tidak dikenal, sehingga kata terasing berarti, tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain, atau terpencil. Jadi kata terasing berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pegaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain. Keterasingan adalah bagian hidup manusia. Sebentar atau lama, orang pernah mengalami hidup dalam keterasingan sudah tentu dengan sebab dan kadar yang berbeda satu sama lain. Yang menyebabkan orang berada dalam keterasingan ialah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat, atau kekurangan yang aa pada diri seseorang, sehingga ia tida dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat.
Kesepian
Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang, tidak berteman. Setiap orang pernah mengalami kesepian, karena kesepian bagian hidup manusia. Lama rasa sepi itu bergangung pada mental orang dan kasus penyebabnya. Bermacam sebab terjadinya kesepian, frustasi dapat mengakibatkan kesepian. Jadi kesepian itu akibat dari keterasingan. Keterasingan akibat sikap sombong, angkuh, kaku, keras kepala, sehingga dijauhi teman-teman sepergaulannya.
Ketidakpastian
Ketidak pastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal-usul yang jelas. Ketidak pastian artinya keadaan yang pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, keadaan tanpa asal-usul yang jelas itu semua adalah akibat pikirannya tidak konsentrasi. Ketidak konsentrasian disebabkan oleh berbagai sebab, yang jelas pikirannya kacau. Beberapa sebab orang tak dapat berpikir dengan tidak pasti ialah :
1. obsesi
2. phobia
3. kompulasi
4. hysteria
5. delusi
6. halusinasi
7. keadaan emosi
Untuk dapat menyembuhkan keadaan itu bergantung pada mental si penderita. Andaikata penyebabnya sudah diketahui, kemungkinan juga tidak dapat sembuh. Bila hal itu terjadi, maka jalan yang paling baik bagi penderita diajak pergi sendiri ke psikolog.
selama hidupnya, manusia pasti pernah mengalami kegelisahan baik intensitasnya sering ataupun jarang, apalagi di era globalisasi seperti saat ini yang membutuhkan tingkat kompetitifitas yang tinggi untuk hidup di dalamnya. kegelisahan sendiri berasal dari kata gelisah yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir,tidak senang tidak sabar, cemas sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan. sedangkan kita dapat mengetahui tanda tanda bahwa seseorang mengalami ketegang adalah dari tingkah lakunya. tingkah laku yang bagaimana? umumnya seorang yang sedang tegang melakukan hal- hal yang tidak biasa dia lakukan seperti berjalan mondar-mandir, duduk termenung sambil memegang kepalanya dan berbagai hal lain yang mungkin dapat membingungkan orang yang melihatnya.
“Sigmon Freud”seorang ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia, yaitu: kecemasan kenyataan, kcemasan neoritik dan kecemasan moril
A) kecemasan tentang kenyataan ( objektif )
kecemasan tentang kenyataan adalah suatu kenyataan yang pernah dialami oleh seseorang di masa lalu yang membuat orang tersebut menjadi shocked karenanya. sebagai contohnya, ketika seorang wanita mengalami kejadian penjambretan ketika ia sedang berjalan di suatu wilayah tertentu. ketika wanita tersebut diajak kembali ke tempat tersebut ia akan menjadi gelisah karena takut hal tersebut akan terulang lagi padanya.
B) Kecemasan Neoritis
kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, takut akan hal yang dibayangaknnya atau takut akan idnya sendiri sehingga menekan ego. kegelisahan ini akan membuat seseorang menjadi gelisah akan suatu hal yang buruk yang sedang di bayangkannya akan menjadi sebuah kenyataan. sebagai contohnya ayah dinar akan dipindahkan ke kota lain dan mereka sekeluarga harus pindah ke kota tersebut. kecemasan neoritis dinarpun memuncak ketika ayahnya membicarakan hal tersebut kepadanya. dinar membayangkan bahwa hidupnya di daerah tersebut akan tidak sebahagia di tempat yang ia tinggali sekarang karena kota baru tempat dimana ayahnya akan dipindahkan tersebut terletak di suatu daerah yang terpencil yang jauh dari tempat hiburan, dimana dinar sudah terbiasa untuk tinggal di kota besar yang banyak tempat hiburannya. hal tersebut merupakan sebuah contoh dari kecemasan Noritis.
C) kecemasan moril
kecemasan moril sendiri disebabkan oleh pribadi seseorang dimana tiap pribadi memiliki berbagai macam emosi seperti: iri, benci, dendam,dengki,marah,gelisah.rasa kurang,cinta.
rasa iri, benci,dendam merupakan sebagian dari pernyataan individu secara keseluruhan berdasarkan konsep yang kurang sehat, oleh karena itu alasan untuk iri,benci,dengki kurang dapat dipahami oleh orang lain.
sifat-sifat seperti itu adalah sifat yang tidak terpuji bahkan mengakibatkan manusia merasa khawatir, takut,cemas,gelisah dan putus asa.

Artikel 1

Lady Gaga yang Terlahir Kontroversial

Sabtu (10/3/2012) di fX Plaza, Senayan, Jakarta, hujan turun. Tapi, para penggemar Lady Gaga, yang disebut Little Monster, bertahan dalam antrian panjang untuk membeli tiket konser Lady Gaga.
Oleh Fransiska Ninditya

Dua pekan menjelang penampilannya di Jakarta, Lady Gaga harus menelan pil pahit akan berbagai komentar kontra terhadap dirinya, dan yang terakhir adalah penolakan pemberian izin konser dari Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya).
Penyanyi bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta itu memang selalu tampil "luar biasa" di atas panggung. Dengan segala keanehannya, dan memang itu yang ditunggu-tunggu para little monsters, Gaga mampu meraih enam Piala Grammy sejak 2009.
Gaga menuai berbagai kritik sejak kemunculan album perdananya, The Fame (2008), yang populer lewat lagu "Just Dance" dan "Poker Face", dan seterusnya hingga album terakhir yang dirilisnya dengan tajuk Born This Way.
Gaya Gaga sangat dipengaruhi oleh musisi beraliran glam rock atau penampilan serba mewah dan gemerlapan, yang diconteknya dari vokalis grup musik Quenn, Freddie Mercury.
Selain gaya berbusananya yang nyentrik, Gaga juga tidak segan-segan tampil seronok di sejumlah video klip lagunya. Dalam video klip lagu "Paparazzi," Gaga berani beradegan ranjang di awal klip dan berdandan dengan pakaian minim menempel di badan.
Gaga juga pernah membuat geram para pencinta hewan karena menggunakan daging mentah sebagai bahan untuk menghiasi tubuhnya, mulai dari ujung kepala hingga alas kaki. Dia mengenakan gaun daging mentah itu untuk pertama kalinya saat acara MTV Video Music Awards 2010.
Gaun daging mentah itu kini diletakkan di Rock and Roll Hall of Fame and Museum, tempat menyimpan sejarah para artis yang memiliki pengaruh cukup besar sepanjang kariernya. Lady Gaga termasuk luar biasa karena artis yang terekam dalam museum itu setidaknya telah berkarier paling tidak 25 tahun sejak merekam album pertama.
Tak berhenti dalam hal berpakaian, Lady Gaga juga menjadi sorotan karena sejumlah lagu yang dinyanyikannya dianggap sarat akan unsur pemujaan setan. Mengambil contoh lagu "Judas", yang terangkum dalam album Born This Way. Judas mendapat kritikan keras dari kalangan umat Kristiani karena syairnya menyakiti kepercayaan mereka. Syair itu berbunyi, "Jesus is my virtue. And Judas is the demon I cling to".
Kreativitas berujung pencekalan
Sejak usia empat tahun Gaga sudah belajar bermain piano, dan dia menciptakan lagu dengan menggunakan piano pada usia 13 tahun. Saat duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), perempuan yang dibesarkan dalam keluarga Katolik itu bermain di pertunjukan musikal sebagai pemeran utama.
Selama tiga tahun, sejak 2008 hingga 2011, Gaga telah menelurkan tiga album, The Fame (2008), The Fame Monster (2009), dan Born This Way (2011). Selama itu pula Lady Gaga menggelar tiga tur konser, yang terakhir di antaranya menuai kritik dan protes di Indonesia.
Aparat Polda Metro Jaya, Senin (14/5/2012), telah menegaskan bahwa pihaknya tidak akan memberikan izin pelaksanaan konser "Lady Gaga: Born This Way Born Ball Tour" di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, Senin, bahwa konser penyanyi kelahiran New York 26 tahun lalu itu tidak direkomendasikan karena panitia penyelenggara tidak mengajukan permohonan izin keramaian. Bahkan, Polda Metro Jaya mengancam akan membubarkan konser si "Mother Monster" tersebut jika panitia penyelenggara tetap menggelar pertunjukan.
Kehadiran Lady Gaga ke Jakarta itu menuai protes dari Front Pembela Islam (FPI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengklaim aksi panggungnya menampilkan tarian seronok dan melanggar kesopanan dan asusila sehingga berdampak pada moral bangsa.
"Kalau dia jadi pentas, saya akan kerahkan umat Islam di Jakarta untuk membubarkan konser itu," kata Ketua FPI Habib Rizieq.
Rizieq mengatakan bahwa Lady Gaga merupakan penyembah setan dan akan membangun kerajaan Lucifer di Indonesia.
Lady Gaga menggelar konser ketiganya "The Born This Way Ball Tour" sejak April hingga November 2012. Asia terpilih menjadi benua pertama dan Seoul didapuk menjadi kota pembuka rangkaian tur konser tersebut.
Pencekalan terhadap konser Lady Gaga tidak hanya terjadi di Jakarta. Di Filipina, yang sejatinya akan digelar pada 21 dan 22 Mei, ternyata juga melakukan protes serupa karena aksi panggungnya dianggap menghina Tuhan.
"Lady Gaga menggunakan simbol-simbol dan lirik yang secara langsung menghina Tuhan," kata Pastor Reyzel Cayanan seperti dikutip stasiun televisi Filipina, ABS CBN.
Namun, terlepas dari segala anggapan negatif terhadap Lady Gaga, rupanya penyanyi nyentrik itu tetap cuek dengan pemberitaan media di dunia mengenai pencekalannya.
Seperti syair yang tertumpahkan dalam lagunya berjudul "Born This Way", "I'm beautiful in my way cause God makes no mistakes. I'm on the right track, baby. I was born this way."
Gaga memang terlahir cantik sebagaimana dia adanya, dan mungkin Gaga juga terlahir untuk menjadi kontroversi.

Artikel 2

Pencekalan Artis Dangdut Harus Dilakukan Secara Tertib


JAKARTA- Majelis Ulama Indonesia (MUI) tidak melarang adanya pencekalan terhadap sejumlah artis yang dinilai masyarakat sering menampilkan erotisme. Asalkan, pelarangan yang dilakukan secara tertib.  
“Sejauh itu masih dalam batas-batas, dilakukan secara tertib,” kata Sekjen MUI, Ikhwan Syam, saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Senin (4/6/2012).
 
Dia mencontohkan, penolakan yang dilakukan di berbagai daerah dilakukan dengan cara menghubungi pihak kepolisian. Karena, dalam hal kegiatan keramaian adalah wewenang pihak kepolisian.
 
Mengenai siapa saja yang dilarang atau dicekal, Ikhwan Syam menjabarkan hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Pornografi. “Itu sudah ada ketentuannya, UU Pornografi. Bukan soal pornografinya, jangan sampai pornografi dilakukan di ruang publik,” ujarnya.
 
MUI Sumatera Selatan dan MUI Jawa Barat sudah mengeluarkan delapan nama penyanyi dangdut yang dinilai mereka erotis dan vulgar setiap kali tampil. Ikhwan Syam mengaku sudah mendengarnya, dia pun tidak mempersoalkannya. Kedelapan nama tersebut adalah Julia Perez, Inul Daratista, Ira Swara, Uut Permatasari, Nita Thalia, Annisa Bahar, Dewi Persik, dan Trio Macan
 
“Masyarakat silakan saja melakukan hal-hal yang dianggap baik,” katanya.
 
MUI juga akan mendorong agar peraturan pemerintah mengenai pornografi bisa segera direalisasikan pemerintah.

Sumber :

Pendapat :

Menurut saya kegelisahan itu timbul akibat dari munculnya rasa takut yang berlebihan seseorang atau kelompok tertentu. Pada artikel pertama, kegelisahan rakyat indonesia terhadap konser lady gaga, penyanyi lady gaga dianggap membawa pengaruh negatif bagi rakyat indonesia karena aksi panggung yang terlalu kontroversi . Pada artikel kedua, pencekalan terhadap penyanyi dangdut erotis show di daerah, karena membawa pengaruh negatif berupa tarian erotis yang membangkitkan syahwat. Menurut pendapat saya, dari kedua artikel diatas bahwa kegelisahan itu muncul akibat efek dari kekhawatiran terhadap sesuatu.



Nama : Yudo Rahadyatmo
Kelas : 1IA07
NPM : 57411634

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...