Monday, October 15, 2012

Definisi New Media Beserta Manfaat dan Aplikasinya


New Media

1.       Definisi New Media

New media, sering kata-kata tersebut terdengar ditelinga kita, tetapi banyak dari kita tidak tahu apa arti dari “New media” tersebut. Disini saya akan menjelaskan apa arti dari “New media” tersebut. “New media”  terdiri dari dua buah kata yaitu, new dan media. New berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti baru dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Media berarti alat (sarana) komunikasi . Jadi, New Media adalah alat/sarana komunikasi baru. Baru disini dapat diartikan sebuah inovasi terbaru dalam berkomunikasi.  Istilah New media yang dimaksudkan untuk mencakup munculnya digital, informasi yang terkomputerisasi, atau jaringan dan teknologi komunikasi di bagian akhir dari abad ke-20. Teknologi yang paling digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer, game komputer, CD-ROM, dan DVD. New media bukanlah program televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi berbasis. "


2.       Pandangan New Media

Pandangan mengenai new media merupakan sebuah hasil inovasi baru, yang tercipta karena aktifitas manusia yang semakin padat, dimana inovasi media tersebut memudahkan kita dalam mendapatkan sebuah informasi yang cepat dan akurat.

3.       Manfaat New Media

Dari beberapa penjelasan diatas maka dapat kita ketahui bahwa New Media memiliki beberapa manfaat yaitu :
-          Memudahkan mengakses informasi yang cepat dan akurat.
-          Sebagai media komunikasi yang efisien, seperti chatting dan webcam yang bisa diakses dimana dan kapan saja.
-          Sebagai media hiburan, yang berupa streaming video, music, game online, social media dan lainnya.
-          Sebagai media untuk transaksi jual beli.
-          Sebagai sarana ilmu pengetahuan.
Diatas sudah disampaikan manfaat dari New Media itu, kalau ada manfaat pasti ada kerugiannya. Sekarang akan disampaikan beberapa kekurangan dari New Media itu sendiri.
Karena terbukanya seluruh informasi memungkinkan, mudahnya dalam mengakses konten dewasa yang mengakibatkan rusaknya moral generasi penerus bangsa. Apa lagi pencurian data dan penyebaran virus yang dilakukan oleh hacker dengan beberapa tujuan tertentu.



4.       Komponen New Media

Komponen-komponen New Media adalah sebagai berikut :
-          Smartphone,
-          Internet,
-          Komputer,dan
-          Tablet PC.
Komponen-komponen yang disebut diatas mengapa dapat djadikan sebagai komponen dari New Media adalah karena dapat mengakses beberapa situs sosial media yang diantaranya Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, google+, kaskus, email, FourSquare dan sebagainya.
Dengan mudah dan cepat kita mengakses beberapa situs tersebut, apa lagi sekarang manusia dalam kehidupannya tidak terlepas dari beberapa komponen diatas. Karena kompenen-komponen tersebut memudahkan semua pekerjaan sehari-hari kita sebagai manusia.



5.       Aplikasi New Media

Seiring dengan perkembangan media yang begitu pesat, maka saya akan jelaskan beberapa situs dan aplikasi yang masuk dalam New Media yang kita gunakan setiap hari. Situs dan aplikasi yang saya maksud adalah Facebook, hampir dari semua orang mengakses situs tersebut dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. Kita setiap hari tidak terlepas dari namanya situs Facebook, Karena Facebook itu membantu saya dalam mencari teman baru dan lama, dan membantu saya dalam diskusi dan sharing berbagai informasi. Selain Facebook ada lagi namanya Twitter. Siapa yang tidak tahu Twitter, twitter berbentuk micro blogging, Twitter diibaratkan berupa kicau burung-burung yang ada di Internet. Di Twitter Sendiri kita dapat mengetahui informasi secara cepat. Selain Twitter dan Facebook ada lagi media untuk mencurahkan semua kreatifitas kita dalam bentuk visual video, yaitu Youtube, dan ada satu lagi ini Made in Indonesia asli, siapa yang gak tahu kaskus, Kaskus berbentuk forum diskusi, wah kalau zaman sekarang gak tahu kaskus itu gak gaul, karena kaskus gak kalah tuh sama Facebook, Twitter, dan Youtube. Mengapa saya bilang begitu karena didalam banyak sekali ilmu yang saya dapat didalam sana.

Sumber :

Nama : YUDO RAHADYATMO
NPM : 57411634
Kelas : 2IA12

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...