Saturday, November 10, 2012

Aplikasi New Media

Aplikasi New Media

Dengan seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka aplikasi new media banyak bermunculan. Disini saya akan membahas beberapa contoh dari aplikasi new media, yaitu Facebook, Twitter dan Youtube. Mengapa saya membahas ketiga aplikasi new media tersebut, karena ketiga aplikasi tersebut yang sekarang ramai-ramainya dipakai oleh orang diseluruh dunia. Saya akan menganalisa, fitur, manfaat dan dampak negatifnya.



1. Analisa Facebook

Sejarah Facebook

Pertama saya akan membahas tentang Facebook. Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.  Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.


Fitur dari Facebook

-  Chat,
-  Notifikasi,
-  Games Flash,

-  Message dan Inbox,
-  Networks, Groups, dan Like Pages.

Manfaat dari Facebook

Manfaat dari facebook adalah kita dapat menjalin hubungan teman lama, mendapatkan banyak teman baru, hiburan berupa game flash,dan memberikan berbagai informasi. kalau bagi saya facebook bermanfaat untuk membantu pekerjaan sehari-hari saya sebagai mahasiswa.

Dampak dari Facebook

Dampak positif :

Dampak positif dari facebook adalah kita dapat menjalin hubungan dengan teman baik teman lama maupun teman baru, dan memudahkan kita untuk bertukar informasi dengan cepat.

Dampak negatif :

Dampak negatif dari facebook adalah banyak orang yang membuat account facebook palsu, dengan tujuan melakukan kejahatan, berupa penipuan dalam bentuk apa pun.



2. Analisa Twitter

Sejarah Twitter


Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.

 Fitur dari Twitter

Laman Utama (Home)

Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline

Profil

Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

Pengikut (Follower)

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Mengikuti(Following)

Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Gamitan (Mentions)

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorit

Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Pesan Langsung (Direct Message)

Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Tagar (Hashtag)

Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

Senarai (List)

Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

Topik Hangat (Trending Topic)

Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena hal-hal yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla, Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti #7KulinerSbyPalingWuenak.

Manfaat dari Twitter

Manfaat dari Twitter adalah kita dapat mengetahui informasi secara cepat, bisa berhubungan dengan orang - orang terkenal, seperti artis, petinggi negara dan lainnya.

Dampak dari Twitter

Dampak Positif :

Dampak positif dari twitter adalah bisa eksis didunia maya, mengetahui informasi secara cepat, mengetahui topik perbincangan yang hangat.

Dampak negatif :

Dampak negatif dari twitter adalah begitu banyaknya menerima informasi, maka tidak semua informasi itu benar dan terkadang hanya isu semata.

3. Analisa Youtube

Sejarah Youtube

YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut saja.




Fitur pada Youtube

- Social Youtube

Fitur ini memungkinkan kita menambahkan akun social media lainnya di chanel youtube kita. Google + sudah menjadi secara default connect, untuk yang lainnya kita tinggal tekang connect kemudian akan di arahkan ke APP social media tersebut.

- Annotations

Fitur yang memungkinkan kita memberikan penjelasan dalam video yang kita upload. annotation baru ini memukinkan user memberi label diarea video dan meberikan color palette lebih besar dan extended, dan timeline annotation yang baru dan berbeda .

- Playlis Feed

Fitur Playlist feed ini memungkinkan kita berbagi video atau  playlist, mengirik komentar dan berbagi link dalam tab Feed.

- Browse page

The YouTube Browse page adalah hompage dimana kita bisa melihat video yang paling banyak dilihat baik dari keseluruhan category maupun keseluruhan category.

- Video Editor

Youtube telah memperbaiki tampilan Video Editor termasuk timeline , playhead bergerak, dan klip lebih mudah pemangkasan. Layanan ini tentunya memberikan kemungkinan kita untuk mengedit video di youtube.

- Video Manager

YouTube Mengeluarkan fitur Video Manager bulan Desember dan terus diperbaharui siring adanya feedback dari pengguna. Video Manager memungkinkan kita mendapat update visual, selain itu juga hitory Seacrh dan video yang terlah diperbaiki dan update terjadwal.

Manfaat dari Youtube :

Manfaat dari youtube adalah sebagai sarana hiburan, yang berupa konten video dari berbagai kategori.

Dampak dari Youtube

Dampak positif :

Dampak positif dari youtube adalah sebagai media untuk menuangkan seni hiburan. Dampak sosialnya adalah banyaknya bermunculan artis dadakan seperti Sinta-Jojo dengan lipsing keong racun dan Norman Kamaru dengan lipsing Chaiyya Chaiyya.

Dampak negatif :

Dampak negatif dari youtube adalah masih adanya konten yang menyingung SARA dan berbau pornografi, tetapi karena peraturan pemerintah Indonesia begitu ketat maka Youtube sudah aman untuk diakses baik anak-anak sampai orang tua.


4. Analisa Instagram

Sejarah Instagram

Berdiri pada tahun 2010 perusahaan Burbn, Inc., merupakan sebuah teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan juga Mike Krieger, memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan di dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.
Fitur-fitur Instagram
-          Pengikut
-          Mengunggah Foto
-          Kamera
-          Efek Foto
-          Judul Foto
-          Arroba
-          Label Foto
-          Geotagging
-          Jejaring Sosial
-          Tanda Suka
-          Popular
-          Menandai Foto dengan Bendera

Manfaat dari Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi yang hanya ada dismartphone android dan iOS. Aplikasi ini adalah aplikasi sebenarnya untuk mengedit foto secara instan. Dahulu kita jika ingin mengedit foto sangat sulit karena harus memakai aplikasi dari ADOBE yang begitu sulit sekali dalam penggunaanya. Didalam instgram kita hanya dengan sekali sentuh maka gambar bias jadi lebih menarik.

Dampak dari Instagram

Dampak positif :

Dampak positif dari Instagram itu adalah mempermudah kita dalam mengedit gambar dimana saja dan kapan saja..

Dampak Negatif :

Dampak negative dari instagram adalah foto atau gambar koleksi kita dapat dilihat oleh semua orang dan dapat salah gunakan.

5.  Analisa Myspace

Sejarah Myspace

Myspace adalah sebuah jejaring social yang dikhususkan untuk promosi grup Band. Myspace (dahulu MySpace) merupakan sebuah situs jejaring sosial. Kantor pusatnya bertempat di Beverly Hills, California, dan berada dalam satu gedung perkantoran dengan pemilik langsung perusahaan tersebut, News Digital Media, kepunyaan News Corporation. MySpace menjadi situs jaringan sosial paling populer di Amerika Serikat pada bulan Juni 2006. Berdasarkan comScore, MySpace telah disusul oleh kompetitor internasional utamanya yaitu Facebook pada bulan April 2008. MySpace mempekerjakan 1000 karyawan pada bulan Juni 2009. Perusahaan tidak mengungkapkan pendapatan atau keuntungan secara terpisah dari News Corporation.






Fitur pada Myspace

-          -  Moods
-          -  Blurbs, blog, multimedia
-          -  Komentar
-          -  Profil kustomisasi
-          -  Musik

Manfaat dari Myspace

Manfaat Myspace adalah memudahkan para band untuk mempromosikan lagunya dan untuk menjalin hubungan pada para penggemarnya.

Dampak Positif

Dampak positif dari Myspace adalah memudahkan kita dalam mengikuti perkembangan band favorit kita.

Dampak Negatif

Dampak negative dari Myspace adalah tidak adanya orang yang mau membeli kaset atau CD karena didalam  Myspace terdapat fasilitas music streaming. Jadi setiap orang bisa mendengarkan langsung lagunya.


Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/Fitur_Facebook
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
http://beoding.com/2012/beberapa-fitur-terbaru-youtube/
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
http://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
http://id.wikipedia.org/wiki/Myspace

Nama : Yudo Rahadyatmo
NPM : 57411634
Kelas : 2IA12

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...