Sunday, December 16, 2012

Langkah - langkah Membuat Web dan Cara Mempublishnya

Disini saya akan menjelaskan bagaimana membuat website dan cara mempublishnya:
Pertama bahan yang disiapkan adalah berupa software building website, yang saya pakai disini adalah adobe dreamweaver CS 5. Tetapi sebelum anda merancang website didreamweaver sebaiknya saya sarankan untuk membuat akun hostingan terlebih dahulu. hosting yang saya pakai disini hosting yang gratis alias free. hostingan yang saya pakai disini adalah idhostinger.com. disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendaftarnya.
pertama buat akun terlebih dahulu 

langkah kedua isikan form berikut ini:
Jika dalam mengisi form buat akun ini berhasil maka akan mendapatkan notifikasi, bahwa hosting tersebut sudah mengirimkan sebuah link yang berisi tentang verifikasi akunnya.
Setelah melakukan verifikasi akun maka link akan mendirect langsung ke cpanel : cpanel.idhostinger.com 
jika sudah muncul maka tampilannya akan seperti dibawah ini :
lalu isikan email dan password anda. Setelah berhasil login maka tampilannya akan seperti berikut ini:


Setelah itu pilih tab control panel maka akan muncul seperti berikut ini


Kemudian klik create new untuk melakukan pemilihan domain.
karena saya disini ingin membuat domain yang free maka saya pilih yang gratis dah kemudian klik order.
maka akan muncul form Create a New Account dan isi form tersebut seperti dibawah ini :


Jika data sudah benar maka klik create, maka akan muncul seperti berikut ini 

Disana terdapat notifikasi diatasnya yang berarti domain anda akan aktif dalam 12 jam, tetapi kenyataannya saya hanya menunggu beberapa menit saja sudah bisa dibuka. Setelah menunggu beberapa menit, refesh page tersebut maka akan muncul button switch. fungsi button switch tersebut adalah sebagai management website kita dimana terdapat informasi domain, ip address, username dan password.

Disini saya tidak membahas bagaimana cara membuat website dalam dreamweaver. Sebab jika dibahas disini akan terlalu panjang. Maka saya akan memperlihatkan screenshot dari website yang telah saya buat tadi di adobe dreamweaver.

Ini sedikit Screenshot dari website saya :


Setelah itu maka akan saya upload data html dan image, pasti anda bingung upload data nya bagaimana. Saya akan menjelaskan bagaimana cara menguploadnya. Pertama tama anda harus mempunyai software FTP server dahulu. Software yang saya pakai disini adalah FilleZilla. Jika ingin mendownload software tersebut saya akan memberikan link dibawah ini :

Jika sudah didownload dan diinstal maka tampilannya akan seperti berikut ini :

 Setelah itu isi mesin, nama pengguna, kata kunci, dan port setelah itu klik koneksi cepat. Kemudian dibawahnya terdapat dua buah kolom direktori. kolom direktori sebelah kiri adalah kolom direktori komputer saya dan sebelah kanan adalah kolom direktori server. Sebelumnya saya belum menjelaskan jika sudah berhasil terkoneksi maka akan muncul folder public_html didalam folder tersebut terdapat file yang bernama default.php, setelah itu hapus default.php tersebut dan kemudian baru lah anda dapat mengupload file html dan image anda kedalam server. Jika sudah Siapkan root direktori komputer kita dan kemudian klik file html klik kanan dan pilih upload.

Jika File sudah terupload semua maka website sudah bisa diakses.Ini adalah url website yang baru saja saya buat http://uportal.16mb.com/index.html . 

Sumber :

Nama : Yudo Rahadyatmo
NPM : 57411634
Kelas : 2IA12


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...