Friday, March 21, 2014

Industri Game

Game adalah sesuatu yang setiap orang pernah melakukannya, iya tidak mungkin tidak pernah melakukannya. Game itu menurut saya mengasikkan, sebab kita bisa kuat berjam- jam bahkan berhari hari didepan layar televisi maupun komputer hanya untuk bermain games saja. Pada zaman dahulu game di nitendo dan playstation sangat dinikmati dari anak-anak sampai dewasa. Pada saat kejayaanya nitendo dan playstation menjadi suatu lahan usaha yaitu menyediakan sebuah tempat penyewaan. Setelah masuknya internet dan tumbuhnya banyak usaha warnet maka terjadi sebuah pergeseran yang sangat besar, yaitu game online, dimana banyak anak-anak dizaman sekarang tak lagi bermain nitendo dan playstation. Mengapa begitu ??? Sebab didalam game online kita bisa bermain sekaligus menjadi sebuah lahan bisnis. Bisnis apa yang dimaksud ?. Bisnis berupa jual ID, alat-alat atau tools untuk melakukan permainan bahkan cara curang pun dijual yaitu sebuah Bot. Berikut ini saya mengutip artikel dari sebuah media online tentang pertumbuhan industi game online .

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Megaxus Infotech Industri mencatat, game di Indonesia menghasilkan revenue 190 juta dollar AS sepanjang 2013 dengan tingkat pertumbuhan 35 persen dibanding tahun sebelumnya. Ada lebih dari 25 juta pemain game online di Indonesia.
"Ini menunjukkan tren gaming ini sebagai peluang bisnis yang cukup besar," ujar Manajer Direktur PT Megaxus Infotech Eva Muliawati, Minggu (2/2/2014).
Eva menjelaskan game online di Indonesia muncul pada 2001. Game online yang beredar di Indonesia saat ini sudah beragam jenis, dari action, sport maupun role-playing-game (RPG). Pada saat itu tercatat lebih 20 judul game online yang beredar di Indonesia.
"Bisnis game online di dalam negeri masih besar disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh diatas 6 persen dari tahun ke tahun," ungkap Eva.
Eva menambahkan industri game di Indonesia sangat marak dan kompetitif. Hal ini ditunjang dengan market potensial dan antusiasme tinggi dari masyarakat.
Eva menilai dalam beberapa tahun ke depan, bisnis game di Indonesia, baik game online berbasis PC ataupun mobile, diprediksi akan terus berkembang. Fenomena ini seiring dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses internet yang didukung pula oleh besarnya jumlah penduduk Indonesia.
"Saat ini game online sudah menjadi sebuah lifestyle bagi masyarakat Indonesia," jelas Eva.
 
Tetapi zaman industri game online akan berubah seiring dengan canggihnya perangkat mobile yang dapat berfungsi sama seperti komputer, apalagi industri game di mobile bisnisnya lebih menjanjikan, sebab diindustri ini memberikan banyak pundi-pundi uang yang berlimpah ketimbang membuat aplikasi game online. Belum lagi, dengan biaya produksi seminim mungkin kita bisa mendapat keuntungan yang berlimpah. keuntungan itu berasal dari iklan maupun tools untuk sebuah permainan. Berikut ini kutipan berita yang saya peroleh dari media online.

CALIFORNIA - Seiring dengan tumbuhnya pasar smartphone di seluruh dunia, industri game mobile pun mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan laporan terbaru IDC, pendapatan developer game meningkat dua hingga empat kali lipat.
IDC merilis laporan pada kuartal terakhir 2013 bahwa total pendapatan yang didapat dari penjualan game atau konten game di iOS meningkat dua kali lipat dari kuartal empat 2012. Sedangkan untuk Android meningkat empat kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Kendati pertumbuhan pendapatan game di Android lebih tinggi, namun iOS masih memimpin dengan pendapatan tertinggi dibandingkan dengan game di Android. Sementara penjualan game portabel yang sempat menurun drastis pada awal 2013 kini kembali meningkat ke titik awal.
Mengutip PhoneArena, Jumat (28/2/2014), judul game mobile yang paling banyak mendapat keuntungan dari para gamer adalah Candy Crush dan Puzzle & Dragons. IDC juga menyebutkan alasan game di perangkat Android naik empat kali lipat karena menghadirkan perpaduan antara Nintendo 3DS dan Sony PS Vita. (amr) 

Tools untuk membuat sebuah Game


- RPG MAKER XP/2000
- GAME MAKER
- 3D ADVENTURE STUDIO
- ADVENTURE MAKER
- ECLIPSE MMORPG MAKER
- UNITY 3D


Hardware yang digunakan untuk bermain game



- Processor- VGA Card
- Motherboard- Webcam
- RAM- Harddisk- Motherboard




sumber :

http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/02/03/2013-industri-game-indonesia-hasilkan-190-juta-dollar-as
http://techno.okezone.com/read/2014/02/28/326/947844/industri-game-mobile-kian-menggiurkan
http://safemode.web.id/artikel/teknologi/tools-dan-software-untuk-pengembangan-game
http://www.downloadsoftwaregratisan.com/2014/02/Aplikasi-Pembuat-Game-Unity-434f1.html

Nama : Yudo Rahadyatmo
NPM : 57411634
Kelas : 3IA12
Matakuliah : Pengantar Teknologi Game

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...