Monday, June 16, 2014

Resume Seminar Game Open Lecture “Game Industri, Global and Indonesia Opportunity and Challenges”



Pada Kali ini saya akan menuliskan resume inti dari seminar Game Open Lecture “Game Industri, Global and Indonesia Opportunity and Challenges” yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2014 di Kampus D Universitas Gunadarma. Pada Seminar ini terdapat empat pembicara yaitu, Andreas Adriono dari TIM UG IBC, Wong Lok Dien, Kim Kyoung Hwan, Stephen ceo.

Pembicara pertama adalah Andreas Adriono    
                                        
Game : 1. Game Yesterday & Today
                2. Game Component

Game Yesterday & Today
Adalah game popular, atau sepanjang masa. Game yang baik bukan hanya story yang baik, tetapi game yang tidak membuat orang bosan untuk memaikannya. Dalam membuat game tidak hanya dengan koding yang baik tetapi harus juga dengan ide yang baik.

Game Component
Adalah sekumpulan komponen atau isi dari game itu sendiri. Game component terdiri dari dua bagian yaitu content dan engine.
Content terdiri dari Sound, Effect, Lighting,  Level design, Animation, Etc
Engine terdiri dari:
-         Motion capture:
Faktor lain agar game itu sukses
1.     Permainan Game
2.     Bagaimana Game itu bisa disukai
3.     Harga
4.     Inovasi yang baik
5.     Waktu
6.     Permainan dalam pasar

-         Innovation controller game
Brain Computer interface : suatu device yang digunakan untuk menjembatani otak dengan computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak untuk mengatur suatu permainan.

Pembicara kedua adalah Wong Lok Dien

The Rise Of Gaming

Dalam membuat dan mengembangkan suatu game, diperlukan beberapa aspek yang mendukung dalam melakukan pembuatan dan pemasaran game. Ada beberapa tahap pembuatan game yang baik yaitu :
-          Bunch of references
Untuk membuat game yang baik harus diperlukan banyaknya referensi.
-          Free & Easy to Use tools
Pada tahap ini melakukan implementasi pada aplikasi game yang aka kita buat.
-          Monetize ready
Setelah game selesai dibuat maka siap untuk mendapatkan uang.
-          Open market
Pada tahap ini adalah tahap yang terpenting, yaitu aplikasi kita yang support untuk semua market khususnya platform smartphone.

Pembicara ketiga adalah Kim Kyoung Hwan

Game Engine Unity 3D

Sekarang dalam membuat game kita tidak hanya seorang programmer saja yang bisa melakukan itu, tetapi orang biasa pun bisa membuat game. Dengan aplikasi Game Engine Unity 3D ini kita banyak diberi kemudahan, dari segi tools dan dokumentasi yang sangat jelas. Kita hanya memerlukan ketelitian dan keterampilan untuk membuat desain grafis yang nyata, sehingga game yang kita buat dapat sesuai dengan aslinya. Unity 3D support untuk membuat game dari berbagai platform yaitu, iOS, Android, Flash, Windows, Mac, PS3, Xbox 360, Wii, Web Player, Blackberry.

Pembicara keempat adalah Stephen ceo

Mobile Game Market Smart Trends and Success Stories

Global mobile market game memerlukan device yang banyak untuk pengembangannya. Untuk pemasaran global mobile market sangat meningkat dibandingkan game PC. Di Amerika pada awalnya hanya memproduksi game untuk PC saja, tetapi setelah Apple muncul maka terjadi perubahan dari game PC menjadi game mobile. Pemakaian mobile game sendiri terbilang sangat banyak dan luas, karena dari anak-anak sampai orang tua pasti menyukai game. Sekarang di Asia pun sama seperti di Amerika yang lebih banyak menyukai game mobile dari pada PC. Karena alasannya bisa dimainkan dimana dan kapan saja.

Nama : Yudo Rahadyatmo
NPM : 57411634
Kelas : 3IA12

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...