Monday, September 29, 2014

MOTIVASI BELAJAR



Apa itu motivasi belajar ?. Pasti banyak dari kita mendengar kata-kata itu, tetapi tidak tahu arti dan maksudnya untuk apa dan bagaimana melakukannya. Motivasi belajar terdiri dari dua buah kata yaitu motivasi dan belajar. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia kata motivasi ini berarti, dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu sedangkan kata belajar menurut kamus besar Bahasa Indonesia berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berubah tingkah laku atau tanggapan yg disebabkan oleh pengalaman. Jadi, motivasi belajar yaitu sebuah bentuk dorongan yang timbul pada diri seseorang untuk memperoleh kepandaian atau ilmu dengan tujuan tertentu.

Belajar itu adalah proses untuk memperoleh ilmu, untuk mendapatkan ilmu kita tidaklah mendapatkannya secara instan, tetapi kita harus belajar. Belajar tanpa adanya motivasi sama saja sia-sia, sebab jika belajar tidak ada motivasi maka tidak jelas arah dan tujuannya. Motivasi belajar terdiri dari dua jalur yaitu motivasi belajar dari luar dan motivasi belajar dari dalam. Motivasi belajar dari luar yaitu sebuah dorongan yang asalnya dari luar, maksud dari luar disini adalah dari orang lain, Contohnya yaitu dari ruang lingkup kecil yaitu keluarga, kemudian untuk ruang lingkup besar yaitu lingkungan sekitar dan sekolah. Sedangkan motivasi belajar dari dalam yaitu sebuah dorongan yang asalnya dari dalam diri.

Sebagai contoh seorang mahasiswa yang pintar dan cerdas pasti dia memiliki tujuan jika setelah dia lulus dari universitas, nah tujuan disini dijadikan sebuah motivasi olehnya untuk menjadi sukses dikemudian hari, bagaimana caranya ?, caranya dengan rajin belajar dan bersungguh-sungguh untuk medapatkan nilai yang baik. Jika setelah lulus mendapatkan nilai yang baik maka untuk mendapatkan suatu pekerjaan akan lebih mudah.

Setiap manusia hidup pasti memiliki tujuan untuk menjadi sukses, dan berfikir bagaimana caranya untuk menjadi sukses. sebenarnya untuk sukses itu cukup mudah, yaitu dengan berusaha dan berdoa. Jika sudah berusaha tetapi tidak berdoa sama saja tidak melakukan usaha. Mengapa begitu ?, karena yang mengatur rejeki kita adalah tuhan kita, kita harus berdoa untuk meminta agar segala usaha yang telah kita lakukan berjalan sesuai dengan keinginannya.

Kesimpulan yang dapat diperoleh tentang motivasi belajar adalah motivasi belajar sebagai ukuran dari tujuan hidup dikemudian hari. Motivasi belajar ini didapat secara alamiah tanpa kita sadari kita mendapatkan suatu motivasi belajar. Motivasi ini sering didapat dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Keluarga selalu menjadi pandangan yang menjadikan kita termotivasi untuk belajar. Motivasi belajar ini mendorong untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat dan untuk menjadi sukses dimasa depan.   




Nama : Yudo Rahadyatmo
NPM : 57411634
Kelas : 4IA12
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...