Tuesday, October 21, 2014

Mengatasi Kejenuhan



Dalam keseharian semua orang pasti melakukan kegiatan yang sama secara berulang kali dan dilakukan terus menerus sepanjang hari, minggu, bulan, dan tahun. Apalagi bagi orang yang sudah bekerja yang melakukan tugas pekerjaannya yang sama selama bertahun tahun pasti akan merasakan begitu jenuhnya sebuah pekerjaan. Pada hari pertama kita memulai kuliah atau bekerja ditempat dan lingkungan yang baru pasti kita sangat semangat untuk rajin belajar dan bekerja, tetapi karena aktivitasi yang begitu-begitu saja yang dikerjakan maka kita sudah mencapai apa yang disebut kejenuhan. Pasti diantara kita pernah merasakan diwaktu bangku SMA kita merasakan ingin cepat lulus karena sudah merasa jenuh dengan kegiatan dan peraturan sekolah yang begitu mengikat, dan ingin segera kuliah di universitas yang kita inginkan. Tetapi setelah berada di Universitas yang awalnya sangat menyenangkan berinteraksi dengan lingkungan dan teman baru kemudian aktivitas baru. Setelah beberapa tahun, karena melakukan aktivitas dan lingkungan yang sama selama beberapa tahun muncul yang disebut jenuh.
Sebelumnya saya akan membahas bagaimana cara mengatasi kejenuhan menurut saya. Pertama waktu saya duduk dibangku SMA, kegiatan saya sehari-hari sangatlah membosankan yaitu sekolah dari pagi sampai sore dan setelah selesai sekolah saya mengikuti bimbingan belajar dan kursus Bahasa inggris. Kegiatan tersebut telah saya jalani dari kelas 1 sampai kelas 3 SMA tanpa berhenti. Mungkin sebagian teman saya juga melihat kegiatan saya juga sangat membosankan. Kemudian saya bercerita kepada teman baik saya bagaimana keluar dari zona nyaman saya yang benar-benar membosankan ini, dan dia memberikan ide bagaimana kita membuat band saja, dan akhirnya saya mengikuti ajakannya untuk bermain band bersama dia. Dan setelah saya bergabung dengan band saya abaikan kursus-kursus yang telah saya ikuti selama bertahun-tahun. Kemudian saya telah menemukan bagaimana menghilangkan rasa jenuh yang telah terpikir oleh saya selama bertahun-tahun. Setelah kelas 3 SMA saya vakum dari band tersebut untuk fokus UN dan SNMPTN.
Setelah saya kuliah di Universitas Gunadarma, awal masuk kuliah semangat berangkat lebih awal dan memperhatikan benar-benar setiap matakuliah yang diajarkan dosen. Tetapi setelah tingkat 2 sampai tingkat 3 rasa jenuh ada lagi. Rasa jenuh itu ditimbulkan karena tugas yang begitu banyak sekali, sampai hari libur saya harus mengerjakan tugas, belum lagi jadwal praktikum yang terkadang pagi, dan sore. Apa lagi jadwal libur yang begitu sedikit, menimbulkan rasa yang sangat jenuh sekali. Pada suatu ketika saya bertemu dengan seorang teman, dia begitu hobi sinematografi. Apa sih sinematografi itu ? sinematografi itu membuat sebuah film ringan. Kemudian saya lihat hobi dia itu sangat mengasikkan dan boleh dicoba. Berawal saya ikut bersama dia pada film magic, ya semacam harry potter. Kemudian waktu itu lagi rame banget film The Raid, pasti tahu film polisi yang melawan mafia. Nah teman saya mengajak saya untuk bergabung membuat film dengan cerita hampir mirip dengan film The Raid. Akhirnya film telah dibuat dan dengan menggunakan visual efek yang tidak kalah seperti film action yang professional. Waktu itu youtube memang lagi booming dan rame-ramenya mengupload short movie dengan iming-iming uang dari google yang diperoleh dari banyaknya viewer video kita. Akhirnya sekelompok teman saya mendaftarkan sebagai youtube premium Indonesia, dan channel kita lolos seleksi kategori untuk layak masuk sebagai youtube premium Indonesia. Sampai sekarang saya dan sekelompok teman saya memproduksi film untuk youtube di setiap bulannya.
Menurut saya untuk mengatasi kejenuhan, kita harus mencari aktivitas atau kesibukkan yang positif dan bermanfaat, dengan begitu tidak ada lagi rasa jenuh. Kemudian berkumpul bersama teman untuk membuat sebuah kegiatan postif. Setelah itu carilah zona nyaman anda untuk tidak merasa jenuh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...