Tuesday, November 25, 2014

PROPOSAL PENGADAAN KOMPUTER DI LAB KOMPUTER SEKOLAH



PROPOSAL PENGADAAN KOMPUTER DI LAB KOMPUTER SEKOLAH
BAB 1
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah

Perkembangan Teknologi yang sangat pesat saat ini ternyata tak luput dari pengamatan anak didik. Keingintahuan mereka pada berbagai media komunikasi perlu mendapatkan perhatian semua pihak. Pengenalan Komputer pada usia dini memang bukan lagi merupakan kebutuhan sekunder. Kurikulum untuk Pendidikan ini pun telah digagas Pemerintah seiring dengan tuntutan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.
Kemampuan menyerap segala informasi terkini secara cerdas diharapkan akan membawa dampak positif bagi anak didik dalam proses adaptasi pada lingkungan dan dunia kerja. Pada akhirnya anak didik diharapkan memiliki dasar pengetahuan Komputer sebagai bekal yang menunjang kemauannya untuk belajar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mengantisipasi pesatnya perkembangan bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). Sehingga tujuan bersama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tercapai.
Namun demikian, hal tersebut tidak akan tercapai apabila tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Dalam hal ini adalah Perangkat Komputer, Sistem Operasi dan Perangkat Lunak Aplikasi.

1.2       Tujuan

Maksud dari Proposal ini adalah mengajukan penawaran pengadaan Komputer Sekolah. Dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar, yang ditunjang dengan teori dan alat agar peserta didik lebih memahami materi dan terampil dalam mengoperasikan komputer.



1.3       Manfaat.

1. Memudahkan bagi guru dalam menyampaikan materi TIK kepada siswa karena langsung bisa diterapkan di dalam kelas.
2. Menjaga kesinambungan pelaksanaan pelajaran TIK seperti yang diamanatkan oleh KBK maupun oleh Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).





















BAB 2
RENCANA ANGGARAN BIAYA
2.1 Pengertian Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Rencana anggaran biaya adalah merencanakan sesuatu bangunan dalam bentuk dan faedah dalam penggunaanya,beserta besar biaya yang diperlukan dan susunan-susunan pelaksanaan dalam bidang administrasi maupun pelaksanaan kerja dalam bidang teknik.Dimana Rencana Anggaran biaya merupakan perkiraan perhitungan biaya-biaya yang diperlukan untuk tiap pekerjaan dalam suatu proyek konstruksi sehingga diperoleh biaya total yang diperlukan untuk tahap penyelesaian proyek pekerjaan konstruksi. Rencana anggaran biaya dihitung berdasarkan gambar-gambar rencana dan spesifikasi yang mudah ditentukan serta upah tenaga kerja dan alat kerja.Dalam proses konstruksi, estimasi meliputi banyak hal yang mencakup bermacam-macam maksud dan kepentingan bagi berbagai manajemen dalam organisasi.
Dimana konsultan atau juga pembiayaan, menentukan kelayakan ekonomi proyek, mengukur produktivitas kerja, menghitung perpajakan, asuransi, serta maksud-maksud evaluasi penting lainya. Dalam pembuatan RAB perencana akan membuat penaksiran harga barang dan upah, Penaksiran anggaran biaya sangat diperlukan dalam perhitungan rencana anggaran biaya, dimana bisa disebut pemberi tugas menggunakanya sebagai alat bantu untuk menentukan biaya investasi modal yang harus ditanam, mengatur  pengertian dari penaksiran anggaran biaya adalah suatu proses perhitungan volume pekerjaan, harga-harga bahan yang diperlukan dalam pekerjaan konstruksi. Anggaran biaya suatu proyek yang memiliki nilai besar, terdapat beberapa segmen pekerjaan yang biaya pengerjaannya memiliki pengaruh yang besar pada biaya proyek secara keseluruhan. Biaya pada segmen-segmen pekerjaan tersebut dipengaruhi dari beberapa aspek, diantaranya dilihat dari segi bahan, cara pengerjaan, jumlah tenaga kerja, waktu pelaksanaan dan lain-lain.
Aspek pembiayaan yang besar menjadi pusat perhatian untuk dilakukan analisa kembali dengan tujuan untuk mencari penghematan.




2.2   Estimasi Biaya
No
Uraian
Kuantitas
Harga (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Peralatan Kantor


Meja Komputer
30
500.000
15.000.000
Kursi
30
200.000
6.000.000
2
Perlatan Usaha


PC Komputer (intel i5)
30
3.500.000
105.000.000
LED Samsung 19”
30
900.000
27.000.000
Printer dan Copy Cannon
1
1.000.000
1.000.000

PC Server
1
4.000.000
4.000.000

Perangkat Jaringan
1
1.500.000
1.500.000
3
Installasi


Jaringan
1
500.000
500.000

Sistem Operasi Microsoft Windows dan Office
1
3.000.000
3.000.000

TOTAL

163.000.000



BAB 3
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
       Kesimpulan yang didapat dari pembahasan diatas adalah Pengadaan perangkat komputer beserta perangkat jaringan yang digunakan untuk menunjang sistem dapat membantu dalam mempermudah proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik.             




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...