Tuesday, January 6, 2015

PT. Indosat Tbk.



PT. Indosat Tbk.

Dalam tulisan dibawah ini saya menjelaskan PT. (Perseroan Terbatas) sebagai contohnya saya mengambil PT. Indosat Tbk. Untuk saya analisa. Perseroan terbatas merupakan badan usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan sendiri.

Indosat (lengkapnya PT Indosat Tbk.) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan pra bayar maupun pascabayar dengan merek jual Matrix, Mentari dan IM3; jasa lainnya yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara untuk telepon tetap (fixed) termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct Dialing), serta jasa nirkabel dengan merk dagang StarOne. Perusahaan ini juga menyediakan layanan multimedia, internet, dan komunikasi data (MIDI= Multimedia, Internet & Data Communication Services).
A.   Spesifikasi Produk dan Segmentasi Produk
Perkembangan yang sangat pesat memungkinkan indosat mengeluarkan berbagai macam produk yang dipasarkan antara lain :
1.    IM3
IM3 adalah kartu prabayar dari Indosat untuk anak muda Indonesia. IM3 ngasih kamu segalanya buat seru-seruan tanpa batas. Inovasi dari IM3 bikin kamu tetap gaul dan gak bikin kantong bolong. Seru-seruannya IM3 gak ada yang bisa nyaingin. GSM multimedia yang paling ngerti maunya kamu. Dari mulai bikin blog sampai download internet. Dari voice call sampe video call, IM3 juga punya. Apalagi di tambah dengan layanan GRATIS Social Media, makanya  buruan aktifin IM3-mu!
2.    Mentari
Mentari merupakan kartu prabayar GSM/selular di Indonesia yang dikeluarkan oleh Indosat dan dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Mentari bahkan juga dapat dipergunakan saat internasional roaming di banyak negara. Berbagai fasilitas disediakan untuk kemudahan dan kenyamanan berkomunikasi dengan tarif murah. Kartu Mentari mengandung nilai Kepercayaan, Kekeluargaan dan Ekonomis, serta memiliki fitur dan layanan yang lengkap. Pakai Mentari sekarang juga! Mau nelpon lokal atau jarak jauh jadi semakin mudah, nyaman dan murah.
3.    StarOne
          StarOne merupakan kartu CDMA dari indosat, StarOne Layanan telekomunikasi suara dan data berbasis jaringan akses nirkabel dengan teknologi CDMA 2000-1X.  StarOne menawarkan kombinasi layanan telepon tetap (PSTN) dan bergerak (Mobile) dengan tarif murah.
4.    Indosat Mobile
Indosat Mobile Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi Anda dalam berkomunikasi kapanpun dan dimanapun, Indosat Mobile merupakan layanan selular dari Indosat yang hadir dengan Paket Lengkap, fitur menarik dan layanan nilai tambah untuk mendukung segala aktivitas mobile Anda. Kebutuhan Komunikasi Terpenuhi, Biaya Lebih Terkendali
Menawarkan solusi komunikasi dengan fokus pada layanan dan nilai lebih, Indosat Mobile hadir dengan layanan Prabayar dan Pascabayar. Dengan Indosat Mobile, Anda bisa mendapatkan komunikasi lengkap mulai dari Nelpon dan SMS ke SEMUA Operator serta Internet puas dengan berbagai paket pilihan yang dihadirkan khusus bagi Anda. Indosat Mobile hadir dengan berbagai kelebihan:
-          Pilihan Paket Lengkap untuk Telpon, SMS dan Internet dengan pilihan Paket 24 Jam dan Paket Lengkap Jam Kerja
-          100 menit Telpon Malam ke sesama Nomor Indosat se-Indonesia

B.    Analisis Situasi Pasar
Jika dianalisis lebih dalam Tim pemasarannya dituntut secara cerdas dan cermat memperbarui cetak biru pemasaran ke depan. Tiba saatnya bagi Indosat mengembangkan strategi Blue Ocean: keluar dari persaingan paritas dan membangun medan pertempuran baru. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan upaya akuisisi serta mempertahankan ataupun meningkatkan pendapatan perusahaan. Antara lain, kini baru saja diluncurkan keberadaannya: community marketing. Sebuah pendekatan pemasaran yang berbasis pada komunitas. Menurut pendapat pelanggan, Indosat punya pelanggan switcher dan loyalis. Kelompok switcher biasanya tertarik pada harga dan hadiah. Adapun kelompok loyalis cenderung tidak sensitif harga. Dengan memahami data lengkap menyangkut portofolio pelanggan, Indosat bisa mengembangkan program yang tepat, terutama untuk pelanggan loyal.
C.   Analisis Pesaing
Pesaing dari Indosat sangat banyak tetapi yang sangat sulit adalah Telkomsel dan XL Axiata. Masing-masing provider cukup bersaing untuk mendapatkan pasar. Tetapi, walaupun begitu indosat tetap menarik pelanggan dengan bonus-bonus yang dikeluarkan dan produk yang dapat menarik pelanggan, seperti Indosat Internet Broom. Layanan paket data Unlimited dan Kuota dengan kecepatan hingga 7,2 Mbps untuk aktifitas seperti e-mail, chatting, downloading, blogging, browsing, dll dengan paket pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Akses yang mudah dan tarif terjangkau dengan harga yang miring yang tidak bisa didapat diprovider lain.

D.   Strategi Promosi
Dalam proses pemasaran setiap provider bersaing dan memikirkan strategi agar masyarakat tertarik pada produk mereka strategi yang digunakan indosat untuk melakukan promosi antara lain :
1.    Public Relation Indosat
Indosat menggunakan konsep CRM (Customer Relation Management) berupa mendirikan Galeri Indosat sebagai wadah konsumen mereka untuk menyampaikan keluhan atau membutuhkan bantuan terhadap produk mereka. Indosat juga memiliki call centre yang bisa dihubungi langsung oleh konsumen melalui handphone. Selain itu, Indosat juga menggunakan konsep CSR (Corporate Social Responsibility) yaitu sebuah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap konsumen, karyawan, stakeholder, dan lingkungan dalam segala aspek operasionalnya. Contohnya, Indosat pernah menyelenggarakan kontes Indosat Wireless Innovation Community (IWIC) yang menjadi pemegang penghargaan PR Program of The Year 2009. Kontes ini diselenggarakan sebagai kepedulian perusahaan terhadap dunia pendidikan. Selain itu bentuk pengiriman bantuan kepada korban bencana alam juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat yang menjadi konsumen produk mereka.

2.    Advertising Indosat
Sebagai perusahaan telekomunikasi, promosi melalui iklan adalah hal yang mutlak dilakukan oleh Indosat. Iklan dan promosi Indosat bertebaran di televisi, radio dan media-media cetak. Apa lagi yang tidak mereka iklankan?
3.    Personal Selling Indosat
Untuk memasarkan produknya, Indosat juga langsung turun ke lapangan untuk menjual produknya ke konsumen yang potensial. Salah satu program direct selling Indosat adalah Indosat Retail Penuh Senyum yang menyasar para pemudik di jalanan. Dengan menggandeng ribuan perusahaan ritel seperti Indomaret dan Yomart, Indosat selalu memastikan bahwa pelanggan mereka dapat membeli voucher pulsa saat dalam perjalanan mudik.
4.    Sales Promotion Indosat
Untuk unsur sales promotion, Indosat juga sering melakukan ini dari kegiatan mereka mengikuti setiap event atau pameran telekomunikasi. Mereka bertemu langsung dengan calon konsumen, menjelaskan produk dan jasa yang mereka jual dan lain-lain.
5.    Direct Marketing Indosat
Indosat senantiasa memberikan penawaran kepada konsumen mereka melalui SMS. Ini adalah salah satu bentuk marketing secara langsung.
E.    Media Promosi berbasis TI
Indosat melakukan promosi pada Website. Kemudian indosat juga melakukan promosi melalui media sosial yaitu Facebook, Twitter, dan sebagainya.
KOMENTAR
Menurut saya PT. Indosat Tbk adalah perusahaan telekomunikasi terlama setelah Telkomsel, yang dimana perusahaan tersebut memiliki banyak produk yang sangat menarik konsumen. Indosat memberikan layanan yang sangat baik tetapi dengan harga yang sangat murah dari para pesaingnya. Kemudian Indosat memiliki banyak strategi promosi yang memungkinkan dapat banyak menguasai pasar dalam telekomunikasi seluler.
Sumber :

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...