Tuesday, July 10, 2018

Influencer Kok Begini ?


Setelah kasus bowo alpenliebe si artis tik tok ramai diperbincangkan. Kali ini gw akan ngebahas yang ga kalah serunya dari bowo kemarin. Mungkin pembahasan gw agak sedikit telat dan sudah ga happening lagi. Pada kesempatan ini gw ingin ngebahas "Influencer kok begini ?". Pasti banyak yang bertanya-tanya apa sih itu influencer ?. Banyak dari kita yang sering mendengar kata-kata tersebut tanpa tahu apa arti dari kata tersebut. Gw juga jujur sebelumnya ga tau apa arti dari kata influencer . Setelah gw coba mengetikan kata tersebut di google translate, maka google merujuk kata influence yang berarti mempengaruhi. Menurut yang gw kutip dari kumparan.com, Influencer adalah orang-orang yang punya followers atau audience yang cukup banyak di social media dan mereka punya pengaruh yang kuat terhadap followers mereka, seperti artis, selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya. 

Beberapa hari yang lalu gw nonton sebuah acara di metro tv, dimana acara tersebut terdiri dari narasuber dan sekumpulan penanya dari berbagai macam profesi. Pada episode ini gw bilang sedikit menarik. Kenapa menarik ?. karena narasubernya ini adalah seorang influencer, yang mana influencer ini banyak membuat postingan gambar dan video-video yang begitu kontroversional. Sebut saja Anya Geraldine, Atta Halilintar dan Younglex.





Sebuah kiriman dibagikan oleh Atta Halilintar (@attahalilintar) pada


Sebuah kiriman dibagikan oleh Raja Terakhir (@young_lex18) pada


Pertama gw akan bahas Anya Geraldine. Anya Geraldine yang biasa disebut Anya ini adalah seorang influencer yang mana dia terkenal dengan kasus video romantis liburan kebali dengan pacarnya. Bak seperti orang honeymoon mereka melakukan banyak hal-hal yang dirasa ga pantas apa bila diposisi mereka sekarang yaitu belum ada nya ikatan suami istri yang sah. Selain video ini banyak kontroversi yang dilakukan oleh nya dan teman-temannya seperti pergaulan malam dan perkata-perkataan kasar yang dipakai pada saat perbincangan antara teman. Menurut gw sih mungkin mereka hanya bercanda, tapi apa kata orang tua yang anak-anak masih dibawah umur menonton video tersebut, bisa-bisa anak-anak yang masih dibawah umur ini meniru kebiasan dan gaya mereka.




video anya jalan ke bali






Bisa dilihat dari cara dia menjawab pertanyaan dari seorang perwakilan KPAI. Menurut gw, sikap menjawabnya begitu sombong dan kesannya tidak berpendidikan tinggi. Padahal lawan bicaranya itu adalah orang yang lebih tua dari nya.

Kedua gw bahas Atta Halilintar si kontroversial dengan video yang menurut gw memamerkan kekayaan. Gw juga ga terlalu tau sumber kekayaannya itu dari orang tua nya kah atau penghasilan dia sendiri. Syukur kalau penghasilan sendiri, mungkin itu bisa menjadikan motivasi buat kita semua. Gw lanjutin pembahasannya ke tema video yang dia buat. Berawal dia ini membuat video yang bertemakan prank interaksi cewe matre yang meremehkan orang yang tidak memiliki materi berlebih, yang mana dia menyamar sebagai orang biasa dan mencoba berkenalan dengan seorang cewe, tetapi si cewe ini bersikap dingin padanya karena dia tidak berpenampilan yang menarik. Setelah beberapa menit, Atta mengganti pakaian dengan mengenakan mobil mewah, kemudian dia menyapa ulang si cewe tadi, si cewe nampaknya pendiriannya tergugah melihat materi yang ada pada diri Atta, tetapi Atta tetap tidak mau menanggapinya.



video prank atta





Kalau gw perhatikan sikap dia di acara metro tv, dari cara bicara dan menjawab pertanyaan dia keliatan lebih smart dari si anya. gw bukan fansnya ya, cuma nilai dari sudut pandang pribadi gw. Kemudian hubungan keluarganya terlihat santai dan ga kaku padahal kalau liat di setiap videonya yang bergelimpangan materi. Akan tetapi ada beberapa yang gw ga suka sama dia. yaitu, sikap yang terkesan pamer. tapi menurut dia pribadi ini cuma sekedar motivasi, tetapi dilain pihak, audiencenya rata-rata atau kebanyakan dari kalangan anak-anak yang mana belum mengerti hal itu baik dicontoh atau tidak.


Ketiga gw mau bahas seorang YoungLex yang dibilang cukup kontroversial dalam membuat video clip lagu rap. Videonya banyak bertemakan eksplisit dan pemakain kata didalam liriknya yang terkadang agak sedikit curhat sih, dan mengundang para netizen untuk mencaci dan berkomentar kasar. 



video younglex





Kalau gw liat si YoungLex ini dari cara jawabnya emang jujur sih cuma kadang agak sedikit keluar konteks pertanyaan dengan pembawaan yang sedikit santai. Selain kontroversi video clipnya yang sedikit explisit. Baru-baru ini ada berita yang ga kalah hebohnya, dia hadir untuk mengisi salah satu acara MTV Asia, Yo! MTV Raps. Dimana, dia menyanyikan lagu office boy dengan di kelilingi penonton. yang ga gw habis pikir dia nyanyi pake bahasa indonesia, emangnya ngerti itu penonton yang joget - joget itu 



video yo! mtv rap




Menurut dari sudut pandang dari gw, ketiga orang ini emang seorang influencer yang memiliki pengikut dan hater yang banyak. Tapi yang gw suka dari mereka walaupun haternya mencaci dan berkata kasar pun mereka tidak menyerah begitu saja dan mereka tetap melakukan apa yang mereka suka. Akan tetapi, untuk sikapnya mungkin tidak patut untuk ditiru, dan untuk anak-anak apabila ingin menonton video mereka bila memungkinkan harus dengan bimbingan orang tua. Inilah pekerjaan rumah orang tua sebenarnya, dengan harus mengawasi anaknya untuk mengkonsumsi konten-konten di internet dan tidak menyalahkan atau merugikan pihak mana pun.


https://kumparan.com/sociabuzz-influencer-marketing-platform/apa-itu-influencer-marketing tanggal akses 11 juli 2018

http://video.metrotvnews.com/q-a tanggal akses 11 juli 2018

12 comments:

  1. Haters make them famous hihihi

    Mereka memang meng-influence kalangannya (tidak semua orang)

    kayaknya mereka kebanyakan haters dibandingin fans, hasil akhirnya mereka punya banyak followers dan menjadikan mereka terkenal dan kaya

    ReplyDelete
  2. Kalau itu balik lagi kepada netizen menanggapi hal seperti itu mas. Netizen mesti bijak dan cerdas untuk melihat konten2 yang ada di sosial media. Mana yang sekiranya bermanfaat atau yang kurang bermanfaat.

    Lagian menurutku para influencer punya gaya masing-masing untuk dibagikan di sosial media

    ReplyDelete
  3. Pada dasarnya cuma satu, they make money from it, Oom. Santai saja.


    Salam,
    https://jelajahlangkah.com

    ReplyDelete
  4. Dan yang disebutin di atas sepertinya ndak pernah ngikutin, hiks ...
    Tapi pastinya dari semua yg disebutin di atas jelas memiliki haters dan fans beserta alasannya. Sebenarnya tinggal pribadi masing-masing saja sih, harus lebih cerdas dan bijak...

    ReplyDelete
  5. Ah...(udah nulis panjang lebar kok komenku ilang? Apa blm publish ya?).

    Intinya...aku abai sama 3 influencer dan mgkn ratusan influencer lain yg sm skali tdk berpengaruh langsung dgn hidupku hehe

    ReplyDelete
  6. Sekarang makin banyak orang gampang menjadi influencer. Mau sikapnya jelek atau baik yang penting viral terus diikuti deh..
    Saya pribadi sebenarnya tidak terlalu mempersoalkan konten yang dibuat para incluencer,karena masing2 orang punya gaya atau style untuk diikuti. Tergantung kita memilah siapa influencer yang bisa membentuk citra diri yg baik kita.

    ReplyDelete
  7. Kalo diperbaiki sedikit aja mereka manis, apalagii Anya yang udah cantik tapi attitudenya agak agak ya Kak.
    Semoga ke depannya mereka insyaf :-D

    ReplyDelete
  8. sama sih pendapatnya ama aku. yang dikhawatirkan mereka ditiru anak yang belum paham. serem aja kalo pada tiru2 anya ama yonglex gtu

    ReplyDelete
  9. Haters gonna hate katanya... tapi saya pribadi setuju dengan opini di atas: bukan influencernya yang salah, tugas orang tua lah yang lebih berat karena makin banyak tantangan untuk memilah mana yang baik, mana yang belum pantas. Keren artikelnya, kak.

    ReplyDelete
  10. Influencer sekarang mah gayanya macem-macem. Balik lagi ke netizen, semoga bisa memilah mana yang baik untuk diikuti aja. Untuk orangtua semoga bisa lebih waspada ke anak-anaknya supaya nggak gampang terpengaruh sama influencer yang model begitu

    ReplyDelete
  11. Agak takut juga sih awalnya liat influencer model begitu, apalagi aanak sulungku sdh remaja. Yang penting, aku selalu jelasin ke anak2 kalo sikap dan perbuatan macam itu nggak baik, gitu aja sih. Makanya aku jd protektif bgt sama anak2ku

    ReplyDelete
  12. Dari deretan influencer itu, tak da satupun yg aku gemari. Hahaha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...