Saturday, December 15, 2018

Masih banyak tontonan tv yang perlu ditolak, hanya iklan blackpink dipersalahkan ?


Event Harbolnas (hari belanja nasional) sudah usai. Akan tetapi pada harbolnas kali ini ada hal yang berbeda. Hal berbeda yang gw maksud bukan mengenai apa yang ditawarkan dari ecommerce. Tetapi, adanya penolakan yang disebabkan oleh protes dari seorang ibu yang membuatkan petisi di salah satu situs petisi yaitu change.org. Berikut isi dari petisi tersebut.



Seorang ibu tersebut itu juga membagikan link petisi tersebut di laman facebook nya yang mana banyak dikomentari oleh para netizen. Akan tetapi ada komentar seorang netizen yang menjadi perhatian yang bilang  "Bun, apa kedepan mau bikin petisi untuk sinetron yang tidak mendidik juga? Yang isinya sekolah tapi pacaran, hidup bermewahan, hasut menghasut, rebutan warisan, kebut-kebutan di jalan, dll?" . Tak lama kemudian, ibu tersebut membalas komentar netizen tersebut, "Saya sebenarnya tidak punya tivi… Jika ada datanya, seharusnya yang punya tivi dan peduli bisa memulai petisi juga.

Kalau gw perhatikan si ibu ini menyoroti permasalahan jam tayang iklan blackpink yang mana tayang di sela-sela acara anak-anak. Menurut ibu tersebut iklan blackpink ini tidak pantas untuk ditonton oleh anak-anak, karena berakibat negatif, yaitu iklan tersebut berisi sekelompok wanita yang berpakaian pendek dan menurutnya itu tidak sopan, tidak sesuai dengan norma dan budaya kita. Tak sampai situ saja, para fans kpop pun ikut bersuara dan membuat petisi tandingan yang berisi tentang mendukung ibu tersebut menjadi anggota Blackpink. Seperti yang kita ketahui semua kpop ini memiliki banyak fans garis keras yang mana, apa yang pernah dirasakan ibu maimon ini pernah terjadi pada seorang standup komedian dan artis lainnya.

Setelah dilihat iklan blackpink ini seakan dipaksa duduk di kursi persalahan. Akan tetapi, seperti yang lo semua tahu, acara-acara di tv masih banyak yang belum layak untuk tayang. Seperti pada tulisan gw sebelumnya, Rating mengalahkan Kualitas acara televisi, acara-acara tv ini kebanyakan berisi tentang drama-drama sinetron yang tidak ada manfaatnya, dan reality show settingan yang tidak patut ditonton oleh anak dibawah umur. Kita juga tidak bisa mempersalahkan tv dan KPI akan tetapi balik lagi kita sebagai penonton yang bisa membatasi diri untuk tidak menonton acara tersebut.


sumber : https://www.vice.com/id_id/article/nep93z/masih-banyak-tayangan-tv-yang-perlu-ditolak-selain-iklan-blackpink tanggal akses 16 Desember 2018
https://tirto.id/tanggapi-petisi-blackpink-shopee-iklan-sudah-lulus-sensor-dbGN tanggal akses 16 Desember 2018
https://hot.detik.com/kpop/d-4339637/gara-gara-heboh-petisi-maimon-didukung-jadi-member-blackpink tanggal akses 16 Desember 2018

1 comment:

  1. Ibu-ibu protes, bikin petisi, tapi nggak punya TV? Darimana dia tahu jam tayang iklan tsb? Kumaha euy?

    Emak-emak nggak jelas :)


    Salam,
    www.jelajahlangkah.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...