Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud

Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud



Beberapa minggu lalu gw buka twitter dan baca-baca timeline. Tak sengaja gw melihat ada seseorang yang membuat sebuah thread yang membahas mengenai keluh kesah mengenai trend bimbel online  berbayar lebih booming dibanding platform belajar gratis yang di buat oleh kemendikbud. Daripada gw jelasin panjang lebar berikut dibawah ini beberapa potongan twit dari orang tersebut.


Kalau dilihat dari potongan twit diatas, si penulis ini adalah seorang anak yang orang tuanya bekerja di kemendikbud. Dimana adanya perbincangan ringan antara orang tua dan seorang anak yang membahas tayangan televisi mengenai promosi bimbel online berbayar yang begitu masif. Mungkin kita semua sudah tahu, beberapa bulan belakangan, hampir disetiap minggu dibeberapa media televisi nasional slot tayangan acara dipagi hingga siang hari di isi oleh promosi dari ruang guru. Acara tersebut seakan membawa kita terbawa oleh sosok dilan aka iqbaal ramadhan yang sedang di didambakan oleh anak muda zaman sekarang. Selain iqbaal, ada juga beberapa youtuber dan lainnya sedang naik daun menjadi brand ambassador dari ruang guru.

Balik lagi, melanjutkan potongan twit sebelumnya.

Dari twit diatas, dia mengenalkan bimbel online gratis yaitu Rumah Belajar yang mana ini dibuat oleh sebuah instansi pemerintah yaitu kemendikbud. Ditulisan selanjutnya dia menjelaskan fitur-fitur apa saja yang ada di dalam website Ruang Belajar.





Setelah membaca twit diatas, gw penasaran untuk mengunjungi website rumah belajar. Setelah gw kunjungi fitur-fitur yang ada didalam website tersebut tak kalah bagusnya dengan yang ada di ruang guru.


Akan tetapi apa sih yang membedakan antara ruang guru dengan rumah belajar. Pasti semua orang memiliki pertanyaan yang sama. Kalau dari sudut pandang pribadi gw. Antara ruang guru dan rumah belajar pada inti dan tujuan mereka sama, akan tetapi perbedaannya adalah bentuk kemasannya saja yang membedakan keduanya. Kemasan yang dimaksud adalah bagaimana mereka mempromosikan dan memperkenalkan kepublik sehingga produk yang mereka buat dikenal publik. Selain itu ruang guru ini membawa orang-orang yang berpengaruh seperti artis sampai selebgram menjadi brand ambassador mereka, yang mana mereka berhasil membawa para fansnya untuk berlangganan produk tersebut. Sedangkan Rumah Belajar dari Kemendikbud, dari sudut pandang gw sebagai user. Kurangnya promosi ke publik dan tak ada artis yang menjadi  brand ambassador dari produk mereka. Menjadikan rumah belajar kalah booming dengan ruang guru.


Sumber :

https://ruangguru.com/ tanggal akses 05 Februari 2019
https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard/ tanggal akses 05 Februari 2019
Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud Ketika Ruang Guru Lebih Booming Dari Rumah Belajar Kemendikbud Reviewed by yudo rahadya on 9:37 AM Rating: 5

2 comments:

  1. menurut saya ruang guru memang trobosan yang bagus gan, untuk media belajar

    ReplyDelete
  2. Karna lewat brand para artis dan youtuber terkenal ruang guru lebih di kenal oleh para pelajar di bandingkan rumah blajar tidak heran walaupun tidak gratis tapi banyak yang menggunakan ruang guru dari pada rumah blajar yang geratis....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.